Gepeng Berkeliaran Jelang Ramadan

Keberadaan Gepeng  Terus Dipantau Dinsos Pekanbaru

Chairani Ssos

PEKANBARU ---(KIBLATRIAU.COM)-- Menjelang bulanRamadahan 1440 Hijriah, Kota Pekanbaru menjadi lahan yang menguntungkan bagi gelandangan dan pengemis (Gepeng) serta anak jalanan mulai berkeliaran mencari nafkah. 

Bahkan, gepeng ini sengaja didatangkan dari luar daerah untuk mengais rezeki dengan cara meminta-minta.

Mulai mengenakan baju yang bagus dengan alasan tersesat hingga baju yang lusuh dikenakan mereka, agar masyarakat yang memberinya lebih percaya.

Dengan banyaknya gepeng di Kota Pekanbaru,  Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pekanbaru tetap melakukan monitoring keberadaan mereka dengan koordinasi bersama Satpol PP selaku tim yustisi.

Kepala Dinsos Pekanbaru, Chairani SSTP Msi mengatakan, bahwa  jelang ramadan hingga lebaran para gepeng ini mulai berdatangan kr Kota Pekanbaru.

 "Saat ini memang mulai berdatangan. Apalagi mereka musiman dan didatngkan oleh koordinator mereka datang dari luar daerah. Ini memang menjadi rutin setiap jelang ramadhan. Namun kita tetap memantau mereka seperti biasanya,"ujar Chairani.

Chairani  mengaku jika pihaknya tetap melakukan monitoring keberadaan gepeng. Sedangkan untuk razia dilakukan oleh Satpol PP.  "Kita tetap koordinasi dengan Satpol PP A perihal keberadaan gepeng ini,"tambah Chairani.

Dijelaskan Chairani  meski demikian, pihaknya tetap akan berupaya untuk memaksimalkan kinerja yang ada sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) dan memaksimlkan anggota. Ia menambahkan, kendatipun razia minim dilakukan, pihaknya tetap menghimbau masyarakat agar tidak memberikan sumbang kepada gepeng.

"Jadi, jika masyarakat ingin memberikan sumbangan. Maka salurkan pada tempatnya dan jangan memberikan sumbangan kepada gepeng, karena hal ini bisa berdampak semakin meningkatnya  jumlah mereka di Kota Pekanbaru," tutur Chairani.(Ty/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar